Labels

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Rabu, 07 Agustus 2013

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri


Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
La ilaha illa Allah
Allahu akbar, Allahu akbar
Wa li-illahi al-hamd
Idul Fitri adalah hari raya untuk umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 syawal. Dalam penentuan 1 syawal tersebut masih sering terjadi perbedaan disetiap daerah, karena 1 syawal berdasarkan pada penanggalan Hijriyah yang menggunakan peredaran bulan untuk menentukannya. Pada tanggal 1 syawal merupakan berakhirnya puasa di bulan ramadhan. Saat menjelang berakhirnya bulan ramahan, Rasulullah saw dan para sahabat semakin memperbanyak ibadah. Bahkan Rasulullah saw dan para sahabat merasa sedih pada saat bulan ramadhan akan berakhir. Karena bulan ramadhan itu bulan suci, bulan mulia, dimana hanya berlangsung 1 bulan saja diantara 12 bulan di tiap tahunnya. Namun Rasulullah saw menyerukan kepada para sahabat untuk bergembira pada tanggal 1 syawal, karena hari raya ini merupakan rahmat yang diberikan kepada umat Muhammad saw.
Pada saat hari raya idul fitri, biasanya kita mendapatkan ucapan dari teman kita baik berupa sms, membaca di kartu lebaran dan lain sebagainya, yaitu : Taqabbalallahu minna wa minkum” dan ada juga yang mengatakkan  Minal aidin wal faizin.Namun para sahabat Nabi saw pada saat saling bertemu di hari raya idul fitri mereka saling mengucapkan “Taqabbalallahu minna wa minkum”, yang artinya : “Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian.” Al-Hafiz Ibnu Hajar mengatakan, “Dari Jubair bin Nufair; beliau mengatakan, ‘Dahulu, apabila para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saling bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (Sanadnya hasan; Fathul Bari, 2:446)
Sedangkan yang “Minal aidin wal faizin,” Ucapan ini tidak diriwayatkan dari para sahabat maupun ulama setelahnya. Ini hanyalah ucapan penyair di masa periode Al-Andalusi, yang bernama “Shafiyuddin Al-Huli”, ketika dia membawakan syair yang konteksnya mengkisahkan dendang wanita di hari raya. (Dawawin Asy-Syi’ri Al-’Arabi ‘ala Marri Al-Ushur, 19:182).
Syekh Asy-Syabibi mengatakan, “Bahkan, wajib mengucapkan ucapan selamat ketika hari raya, jika tidak mengucapkan kalimat ini menyebabkan permusuhan dan terputusnya hubungan sesama ….” (Al-Fawakih Ad-Dawani, 3:244).

1 komentar: