Labels

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Selasa, 06 Agustus 2013

Menyambut Idul Fitri


Setelah umat islam melaksanakan puasa sebulan penuh, tentunya kita bergembira serta bersyukur dengan kedatangan 1 syawal yaitu hari kemenangan bagi mereka yang benar- benar menghayati ramadhan.
Idul Fitri sebagai hari yang berkah dan hari yang hanya terkhusus bagi kaum muslimin tentunya ada cara dan adab tersendiri yang perlu diikuti seperti yang telah di tentukan oleh syara. Di dalam islam sudah dijelaskan dalam kitab-kitab fiqih bagaimana cara menyambut Hari Raya. Ada beberapa tata cara dalam menyambut Hari Raya islam terkhusus idul fitri seperti berikut.
v    Kewajiban mengeluarkan zakat fitrah. Kewajiban ini ditujukan bagi setiap muslim dan yang mampu, dalam artian mempunyai kelebihan makanan bagi dirinya dan yang diberi nafkah pada malam dan siang hari Idul Fitri.
v   Apabila 1 Syawal telah ditetapkan umat islam disunatkan untuk mengumandangkan  takbir yang dilaksanakan sampai sholat Hari Raya dilakukan.
v    Menghidupkan malam Hari Raya. Karena didalamnya adalah saat dan ketika dikabulkannya doa. Caranya adalah dengan berdzikir, mengerjakan sholat sunnah, dan bertasbih.
v  Lebih baik tidak menyambutnya dengan hiburan, petasan, pesta lampu dan berbagai kemungkaran dan kemaksiatan.
v    Pada petang akhir Ramadhan orang-orang yang meninggal menangis karena peluang untuk beristirahat telah berakhir. Adalah dianjurkan keluarga menziarahi kubur pada petang akhir Ramadhan atau jika kuburnya jauh, hendaklah Dibaca doa Tahlil selepas solat Asar. Semoga mereka diampuni.
v      Ibnu Abbas r. a pernah mengatakan bahwa roh orang yang meninggal dunia dibenarkan pulang ke rumah anak-anaknya dan berdiri di pintu rumah memohon belas kasihan dari anak-anak mengirimkan bacaan doa, sekurang-kurangnya Al Fatihah sekali untuk mereka.
v      Oleh karena itu janganlah terlalu gembira dan ingatlah orang-orang tua yang sudah meninggal, semoga nanti sampai giliran kita maka anak-anak akan ingat kepada kita.
v     Hal yang paling penting dan utama adalah melaksanakan sholat sunnah Hari Raya, dalam hal ini adalah solat Idul Fitri.
v      Sunat bagi kita mandi pada pagi Hari Raya dan memakai pakaian yang bersih dan indah.
v      Sebelum pergi untuk melaksanakan solat Idul Fitri disunahkan untuk makan terlebih dahulu.
v    Mengucapkan salam Idul Fitri untuk memohon maaf pada kerabat, saudara, tetangga ataupun sesama muslim. Bisa dilakukan seperti contoh Nabi Muhammad dengan mengambil arah yang berbeda (saat pulang) seusai melaksanakan solat Idul Fitri.
v     Saling mendoakan antar sesama.
v     Dalam menyambut Hari Raya hendaknya dilakukan secara sederhana dan diridloi Allah SWT.

Dan sempurnalah ibadah puasa kamu mengikut bilangan hari dalam bulan Ramadhan (29 atau 30 hari), dan bertakbirlah (membesarkan Allah) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (Al Baqarah :185)
Sabda Rasullullah saw : Hiasilah Hari Raya kamu dengan takbir dan tahmid.

1 komentar:

  1. menarik sekali,, terimakasih atas informasinya.. sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentunya.. thanks for sharing . nice post


    ST3 Telkom

    BalasHapus